Kamis, 28 Oktober 2010

Alergi Tidak Sembuh-Sembuh.


Seorang pria yang mempunyai sakit alergi ( bila pagi hari bersin-bersin terus ), ingin segera terbebas dari alerginya, karena dia jengkel harus minum obat alergi terus menerus. Bila melihat dari gejalanya yaitu bersin-bersin waktu pagi hari sedangkan pada waktu siang hari gejala tersebut hilang sendiri, besar kemungkinan pria ini menderita penyakit alergi yang dinamakan Rhinitis Alergi dengan gejala bersin-bersin disertai pilek bila bertemu/terpapar dengan alergennya ( penyebab alergi ), biasanya yang merupakan alergennya adalah udara yang lembab, debu yang berasal dari rumah, tepungsari bunga2, dan banyak lainnya.

Sebetulnya inti permasalahan disini adalah Daya Tahan Tubuh dan memang semua akar dari masalah kesehatan berasal dari daya tahan tubuh ini. Apabila daya tahan tubuh kuat, maka tubuh kita akan kuat bila menghadapi/bertemu dengan bahan alergen tadi atau sakit penyakit lain, tetapi bila daya tahan tubuh kita lemah, maka mudah sekali alergi tadi timbul.

Bila alergi tadi timbul dapat diatasi dengan mengonsumsi obat anti alergi yang terdiri atas antihistamin ( contoh nya CTM, Difenhiramin.dll ) dan kortikosteroid ( contohnya dexamethason. prednison. methilprednisolon,dll ). Bisa juga ditambah obat-obatan lainnya bila terdapat gejala tambahan seperti obat dekongestan ( untuk melegakan/melonggarkan nafas ), analgesik-antipiretik ( untuk menurunkan demam atau mengurangi nyeri ), dll.

Terkadang kita bisa bosan bila harus meminum obat terus menerus seperti pria tadi, bagaimana supaya kita bisa bebas dari gejala tersebut ( karena memang penyakit alergi susah sembuhnya ), biar kita jarang menderita alergi satu-satunya jalan adalah dengan meningkatkan Daya Tahan Tubuh kita, yaitu dengan mengonsumsi makanan/minuman bergizi, rajin berolah raga, dan beristirahat secara teratur. Atau sekarang banyak sekali obat/suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh contohnya Stimuno, Imunos, Imboos, dll. Untuk lebih memastikan lagi bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan.

Gambar diambil dari http://www.natural-health.com.my/content.php?cat=51

Nyeri Di Ulu Hati Disertai Mual & Kembung.

Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis. Ada sebagian orang yang bilang kena "maag". Mana yang benar maag atau gastritis. Jangan bingung, yang dimaksud maag adalah lambung, sedangkan Gastritis adalah sakit pada bagian lambung, jadi kurang lebih artinya sama saja. Arti Gastritis sebenarnya adalah terjadinya proses radang pada lambung. Mengapa bisa terjadi radang ?

Banyak penyebab timbulnya radang pada lambung diantaranya adalah sering terlambat makan. Ada yang menanyakan kok kakaknya yang sering lambat makan tidak apa-apa?. Memang pada setiap orang tidak sama. Semuanya terkait dengan asam lambung, didalam tubuh manusia asam lambung diproduksi oleh Sel Parietal yang bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan, jadi produksinya sesuai siklus makan orang tersebut. Jadi, kalo seseorang makannya teratur 3 kali sehari, begitu juga dengan asam lambung diproduksi pada jam-jam makan itu juga, jika orang ini tidak makan pada jam yang biasanya karena terlambat makan, asam lambung terlanjur diproduksi dan tidak ada makanan yang dicerna, sehingga bisa melukai lapisan lambung. Terjadilah gastritis.

Penyebab lain adalah adanya bakteri Helicobacter pylori, Bakteri ini mudah menular lewat peralatan makan yang kurang bersih mencucinya, biasanya selalu disertai gejala mencret. Sedangkan gejala umum yang sering muncul pada sakit maag adalah mual sampai muntah, nyeri ulu hati, dan pusing.

Kemudian bila sudah kena maag selain pola makan, jenis makanan harus diperhatikan. Usahakan jangan membiarkan lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak , ada makanan masuk tiap 3 jam sekali. Kemudian karena lambung penderita gastritis sensitif sekali, makanan yang dikonsumsi tidak boleh terlalu merangsang, jangan terlalu panas atau dingin, juga makanan pedas dan terlalu asam harus dihindari. Juga diusahakan penderita gastritis tidak stres, karena keadaan ini dapat mempengaruhi kondisi lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari :

Tahu, dan tempe goreng, kacang tanah, kacang merah, kacang tolo,sayur mentah, sayur berserat tinggi, sayur yang menimbulkan gas (daun singkong, kacang panjang, kol, lobak, sawi, asparagus ), buah tinggi serat atau yang menimbulkan gas ( jambu biji, nanas, apel, kedondong, durian, nangka), juga buah yang mentah, asam, lemak hewan, santan kental, minuman bersoda, alkohol, dan kopi.

Pengobatannya diobati dengan obat-obatan jenis H2 Bloker (Cimetidine, Ranitidine, Famotidine ), Proton Pump Inhibitor (omeprazole, lanzoprazole,dll), dan golongan Antasida (yang dipasaran terkenal dengan Mylanta atau Promaag).

VOLKSWAGEN TYPE 1 1300L 1965


SUPER 'RX-7'









Jangan langsung berpikir, kalau mobil tua dan klasik hanya sahih kena sentuhan modifikasi dari bidang restorasinya saja. Memang, dengan usia dan nilai historisnya yang lumayan tinggi, sudah seharusnya mobil-mobil tua tersebut mengalami masa-masa ‘refreshing’. Setidaknya masih bisa berguna dan tidak teronggok begitu saja sebagai besi tua. Untuk itu, peremajaan tampang, bodi, jeroan mesin beserta kaki-kakinya wajib jadi perhatian penuh sang ‘builder’ pada prosesi retouch-nya. Lalu apa jadinya kalau VW Beetle atau biasa dikenal dengan sebutan kodok, harus menemui jalan lain untuk memperoleh aura barunya? Padahal, kodok ini sudah berusia 40 tahun lebih Jack! Maka di tangan Kris Sigit, sang empunya, kodok ini tidak tanggung-tanggung bertransformasi. Ya, hobi sang empunya untuk melahap lintasan balap drag, rupanya berpengaruh besar terhadap ‘gaya’ terkini si kodok. Paling kentara adalah aplikasi mesin rotari berkode 13B milik RX-7, menggantikan mesin konvensionalnya yang kurang bertenaga. Walaupun aslinya mesin ini terpasang di depan, tetapi menurut Jaja, mekanik kawakan dari Minute Motorsport. “Enggak masalah kok dipasang di belakang, karena RX-7 kan berpenggerak roda belakang juga,” jelasnya bersemangat. Apalagi, “Pasangnya gampang, cuma tinggal dibaut aja ke adaptor gearbox dan dikasih penguat ke sasisnya buat pegangan mesin biar enggak gampang bengkok kalo lagi ‘ditarik’,” sambung pria ramping tersebut. Selain itu, perkawinan aplikasi turbo T3 berserta intercooler CRT yang disanding dengan mesin tersebut, nyatanya memberikan efek lumayan pada putaran atasnya. Terlebih usungan piggyback Micro Tech MT-12, yang memiliki fitur setting bahan bakar dan pengapian yang lengkap untuk mesin rotary ini, cukup memberikan kemudahan penyetingan. Karena hanya tinggal memencet tombol + (plus) atau – (minus) via ‘CPU-nya’ di dasbor. Dan hasilnya pun terbilang sukses. Untuk jarak 402 meter, kodok ini berhasil menembus waktu 13,9 detik. Tapi catatannya, “Waktu itu padahal kondisinya belum benar-benar fit,” tutup jaja sambil tersenyum. Walah!






Dalam upaya membangun kodok tua menjadi layak untuk turun balap drag, paling tidak diperlukan pengetahuan mendasar seputar teknisnya. Bukan hanya pemahaman tentang platform mobil asal Jerman itu semata, tetapi lebih jauh pada bahan dan alat pendukung modifikasi yang bakal disematkan. •Pemakaian mesin R13BT milik RX-7 jamak dilakukan untuk mengganti mesin bawaan VW. : Disamping lebih bertenaga, rupanya pemasangannya di ruang mesin pun terbilang pas dan mudah. •Tidak perlu merubah gerakan perputaran mesin ketika akan dipasang ke Beetle, yang notabene bermesin belakang. : Karena perputarannya sudah sama, yaitu ke kanan. •Pemasangan tidak membutuhkan engine mounting. : Karena mesin langsung ‘dipegang’ 5 baut ke adaptor, yang dihubungkan dengan gearbox bawaan. •Biar kuat, maka perlu ditambahkan penguat sasis dari pipa. : Selain itu, juga sebagai pegangan mesin agar tidak cepat bengkok dudukannya. •Jangan bongkar mesin jika dirasa masih mumpuni. Cukup porting lubang masuknya saja. : Sebab mencari packing dan seal mesin rotari lumayan sulit dan mahal. •Gardan sudah mengadopsi differential lock. : Sehingga membuat putaran roda belakang kanan dan kiri sama, akibatnya traksi yang diperoleh cukup besar. •Tekanan boost turbo hanya diset 0,5 Bar. : Cukup menenggak Pertamax Plus yang bergharga Rp 10 ribu.
Reporter : Rudy




RUMAH MODIFIKASI:
Minute Motorsport, Raya Narogong, Bekasi Barat SPESIFIKASI: Mesin rotari R13BT, turbo T3, piping custom 3 inci, blow off CRT, fuel pressure CRT, intercooler CRT, kipas intercooler eks mobil Honda, air filter Z-Speed, radiator custom, kipas radiator Toyota Starlet, piggyback Micro Tech MT-12, tangki bensin custom 25 liter, pompa bensin Aeromotive, filter bensin Bosch, velg BRM 15x5,5 inci & MTV 15x7 inci, ban Bridgestone Potenza 185/60R15 & Hoosier 26.0/8.0-15, disc brake depan VW Beetle 1966, rem teromol belakang VW Beetle 1970, lowering adjuster S&S, sok depan Kayaba custom, sok belakang double Kayaba custom, as roda VW Beetle 1970, lampu belakang New Beetle, wide body custom, jok CRT, seat belt Sabelt 4 titik, setir MOMO, shift knob Scat, RPM Autometer, engine temp CRT, boost meter CRT, engine cut off CRT, roll bar custom 6 titik 1,5 inci

TOYOTA iSt 2005


CHUBBY



Micro minibus buatan Toyota ini built up diimpor dari Jepang. Sempat laris manis dan hingga sekarang masih dicari-cari banyak pedagang mobil bekas. Tiada kesulitan bagi iSt untuk diperintah beraksi. Mau beraksi balap atau bahkan berpose elegan. Tapi Paul memilih yang terakhir. Sebab tekadnya dari awal sudah mantap, “Apapun mobilnya nanti, desain modifikasinya mesti elegan dan berfender gambot.” Lah, itu sih gampang banget diaplikasi di iSt. Sosoknya hanya beda 11-12 saja sama impian Paul. Dari insinyur Jepang sudah dipbuatkan lekuk pinggil yang aduhai, terutama pada bentuk nut fender aslinya yang terkesan menggembung. Sehingga, “Lebih mudah dibentuk wide body natural agar bodi terlihat lebih chubby,” kata sang pemilik yang juga juragan bengkel bodi Fortune, Pondok Kelapa Raya, Jakarta Utara. Persiapan dilanjutkan teramat matang. Satu set velg ‘baling-baling’ Kranze Bazreia berdimensi 19x(8+9) inci sudah didapatkan sebulan sebelumnya. Format low disk dengan offset minus yaitu -1 (depan) dan -4 mm (belakang), membuat kecelongannya fantastis. Tak pelak, fender depan dan belakang mesti ditarik secukupnya, agar velg bisa bersemayam dengan aman tanpa keluar sedikitpun. “Fender depan ditarik 3 cm, dan 5 cm di bagian belakang,” sebut Paul. Batasannya hanya satu, lekukan nut wajib dibuat senatural mungkin. Efeknya, pintu samping belakang mesti ikutan ditarik mengikuti nut baru sambungan dari fender. Konsekuensi bodi yang terlihat lebih gendut, harus dibuat tambah rebah. Caranya, subsitusi per dan sokbreker standar dengan per Eibach yang disunat 3 ulir. Trik kedua, mengaplikasi sokbreker Tokico yang bentuknya lebih pendek dari sokbreker standar. Walau begitu, efeknya terasa lebih keras. “Penumpang lebih dari dua agak gesrot, tapi handling-nya tetap enak kok,” bilang Paul.






Untuk menunjang gaya elegan seperti ini, banyak detail yang mesti dipersiapkan matang. Baiknya simak tips dan trik dari Paul soal modifikasi di iSt-nya ini. •Body kit Various spek Alphard. : Inspirasi body kit didapat Paul dari tuner Various, asal Jepang. “Aslinya memang dirancang untuk Alphard, lalu saya aplikasikan di iSt,” terang Paul. Bentuk body kit, baik nut serta air dam depan memang nyaris sama dengan aslinya walaupun dengan beberapa penyesuaian. Untuk side skirt dan bumper belakang beberapa tarikan garis dari desain Various ada yang dihilangkan, “Bodi iSt tak sebesar Alphard, jadi dibuat lebih minimalis,” kata Paul yang kasih biaya pembuatan body kit seperti ini sekitar 4 jutaan. •Centil via cat candy merah. : Warna Elegan bagi Paul, tak mesti warna putih atau hitam. Doi pilih merah candy agar lebih centil, “Warna candy pas untuk mobil-mobil mungil seperti iSt ini,” alasannya. Pau betul! Dengan campuran bahan cat dari Spies Hecker serta 6 lapisan pernis dari Glasurit tipe HS, bikin bodi iSt tetap terlihat kinclong dari pagi hingga malam hari. Untuk pengecatan seperti ini, Fortune kasih biaya sekitar Rp 12 juta. •Hendel dikrom plastik. : Hendel pintu iSt sudah model tarik. Model seperti ini memang sedang lekat di mata kaum eleganis. Biasanya hendel model tarik copotan Toyota Vios dan Altis baru dipakai untuk mobil-mobil yang masih pakai hendel pintu model angkat. Agar terlihat lebih mewah, hendel iSt dilapis dengan bahan krom plastik di Clink Chrome, Pondok Bambu, Jakarta Timur.


RUMAH MODIFIKASI:
Bodi: Fortune, Pondok Kelapa Raya, Jakarta Timur Velg: RiverSide, Kampung Melayu, Jakarta Timur
Interior: AutoDynamic, Pondok Kelapa Raya, Jakarta Timur
SPESIFIKASI: Custom body kit Various style + wide body, custom deflecta Fabulous style, custom eye lid, cat Spies Hecker candy red + pernis Glassurit HS, custom tail pipe Cayenne TechArt style, hendel pintu krom plastik, velg Kranze Bazreia 19x(8+9) inci, ban Nankang Ultra Sport NS-II 215/35ZR19 & Toyo Proxes FZ4 225/35ZR19, sokbreker Tokico, per Eibach dipotong 3 ulir, pelapis kabin MBtech, pelapis plafon suede sintetis, head unit Pioneer P5000

Warna Kencing Kuning Seperti Air Teh.....

Warna air kencing yang normal adalah kuning cerah, warna ini disebabkan oleh karena zat yang bernama Bilirubin, apabila kencing berwarna kuning tua seperti air teh, harus dicurigai adanya gangguan pada metabolisme bilirubin tadi. Keadaan ini disebut sebagai Jaundice / Ikterus yaitu keadaan dimana kadar bilirubin didalam darah meningkat melebihi kadar normal. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang menguning, putih mata (Sclera) menguning, dan kencing berwarna coklat tadi. Bisa juga kencing berwarna seperti teh padahal minum air putih banyak, biasanya keadaan ini terjadi akibat mengonsumsi zat karoten berlebihan (zat ini paling banyak terkandung dalam buah tomat dan wortel), kulit juga bisa menguning tetapi untuk membedakannya dengan ikterus bisa dengan melihat putih matanya (sclera), karena putih matanya tetap putih. Warna kuning agak tua bisa juga diakibatkan meminum vitamin B kompleks, tetapi kuningnya agak terang dan muda dibandingkan ikterus.

Apakah ikterus ini sama dengan penyakit kuning yang sering disebut masyarakat itu ?
Memang yang dimaksud sakit kuning yaitu ikterus tadi (penyakit pada organ hati atau sakit liver ). Sedangkan menurut opini masyarakat, sakit liver adalah penyakit hati yang sudah berat atau tingkat akhir.

Kadar bilirubin yang meningkat dapat disebabkan oleh karena produksi yang meningkat (pada keadaan dimana pemecahan sel darah merah/erytrocite yang berlebihan), adanya gangguan fungsi hati, dan gangguan pengeluaran bilirubin. Penyebab paling banyak adalah gangguan fungsi hati contohnya Hepatitis, Sirosis hati, Perlemakan hati, Kanker hati, dan gangguan lainnya. Penyebab lainnya adalah sumbatan pada saluran empedu (bisa oleh batu atau tumor), sehingga bilirubin tidak bisa keluar dan mengakibatkan kadar bilirubin meningkat.
Hepatitis adalah penyebab terbanyak ikterus/jaundice. Hepatitis sendiri adalah keadaan peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya infeksi virus, keracunan obat, dan alkohol. Peradangan ini membuat fungsi hati menurun dan salah satu akibatnya adalah jaundice.

Gejala Hepatitis meliputi :

Mual sampai muntah, lemah -lesu, dan kadang kadang ada demam, penurunan nafsu makan, terasa nyeri di ulu hati kanan atas, juga gejala yang telah disebutkan diatas tadi yaitu warna kencing yang seperti teh, kulit dan putih mata kuning tadi.

Tetapi pada keadaan tertentu hepatitis tidak disertai jaundice atau gejala diatas tadi, ini lebih berbahaya karena sukar untuk mengetahui gejalanya.

Untuk memastikan dapat diperiksakan kadar bilirubin, tes fungsi hati ( SGOT/SGPT ), dan pada keadaan tertentu diperlukan pemeriksaan USG.
Pengobatan pada hepatitis ditujukan untuk memulihkan fungsi hati yang terganggu. Jadi penderita sebaiknya menjaga kondisi badannya agar tidak terlampau letih, makan teratur, istirahat cukup agar daya tahan tubuh cukup kuat untuk mencegah infeksi oleh virus. Beberapa obat yang sering digunakan adalah Hepasil, Curcuma, Hp Pro, Methicol, Lesichol, dll.

Tentang Ciri Perjaka dan Selaput Dara.

Ada seorang gadis yang mau menikah menanyakan bagaimana cara mengetahuinya kalau calon suaminya itu masih perjaka atau tidak ? terutama nanti dimalam pengantinnya.....
Kemudian juga menanyakan apakah benar bila dia banyak berolah raga akan membuat selaput daranya menipis,hingga dia kuatir pada malam pertamanya nanti tidak bisa membuktikan kalau dia masih perawan.

Ini pertanyaan yang gampang-gampang susah, kenapa kok gampang?, ya karena jawabannya mudah saja tinggal ya atau tidak, yang susah adalah apakah si pria mau berkata jujur...apakah dia masih perjaka atau tidak, jadi tidak perlu untuk menunggu pembuktiannya dimalam pengantin, karena memang tidak ada ciri khusus yang menandakan apakah seorang pria masih perjaka atau tidak. Jadi intinya disini adalah kejujuran saja.

Lain halnya dengan selaput dara yang merupakan ciri khas seorang gadis dan ini perlu pembuktian. Perlu diketahui disini bahwa selaput dara adalah sebuah membran yang terdapat di depan liang miss V, membran ini tidak sepenuhnya utuh, tapi ada sedikit celah untuk mengeluarkan darah menstruasi, tetapi bisa robek akibat persetubuhan atau akibat benturan kuat disekitar situ. Jadi malam pertama bisa saja tidak mengeluarkan darah bila sebelumnya pernah berhubungan atau pernah terjadi benturan, atau bisa saja bila selaput dara ini lentur sekali sehingga tidak robek dan baru robek pada hubungan berikutnya, sehingga baru terjadi perdarahan.

Apakah olah raga membuat selaput dara menjadi tipis...?

Tidak ada penelitian yang mengatakan begitu, yang bisa adalah olah raga bisa membuat selaput dara robek bukan menipis, diantaranya adalah olah raga berkuda, dan olah raga yang ada melompatnya.

jantung dan pembuluh darah

Darah Tinggi Apakah Penyakit Keturunan? & Bagaimana Pengendaliannya?

Yang dimaksud darah tinggi atau Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi. Seseorang dinyatakan mengidap hipertensi bila tekanan sistoliknya 140 mmHg dan diastoliknya 90 mmHg. Akhir-akhir ini penyakit ini menjadi silent killer atau membunuh secara diam-diam, karena sering kali tidak disadari oleh penderitanya dan biasanya baru ketahuan pada saat diperiksa tekanan darahnya. Penyakit ini baru ketahuan setelah terjadi komplikasi.

Biasanya komplikasinya berupa gangguan fungsi jantung, koroner, fungsi ginjal, atau timbulnya
stroke. Jadi hipertensi mengurangi harapan hidup bagi penderitanya, karena dari sini akan muncul penyakit-penyakit degeneratif yang beragam dan pada akhirnya bisa menimbulkan kematian. Karena itu sering-seringlah memeriksakan tekanan darah anda, dan sebisa mungkin
jagalah agar selalu ideal yaitu sistolik 120 mmHg dan diastolik 80 mmHg.

Tekanan sistolik adalah tekanan puncak saat jantung kontraksi dan memompa darah keluar lewat pembuluh arteri, sedangkan diastolik adalah saat jantung relaksasi dan menerima darah dari pembuluh darah. Apakah penyakit ini menurun ?

Faktor keturunan kecil sekali kemungkinannya karena penyakit ini berhubungan erat dengan beberapa faktor yaitu faktor gaya hidup, pola makan serta faktor lingkungan. Faktor gaya hidup yang berperan besar adalah merokok dan minum alkohol, untuk faktor makanan yaitu makanan berlemak, dan makanan yang asin, kemudian kebiasaan begadang juga turut mempengaruhi. Atau sering dalam keadaan stress juga bisa mempengaruhi tekanan darah. Trus bagaimana mengendalikannya?

Gampang saja, ubah gaya hidup yang memicu timbulnya darah tinggi tadi termasuk turunkan berat badan, kemudian kurangi makanan yang asin dan sebaiknya konsumsi garam kurang dari 6 gram/hari. Makanan asin yang juga harus dikurangi adalah makanan yang diproses dengan dengan garam contohnya ikan asin, telur asin, ikan kaleng, juga semua makanan yang diberi pengawet (Na benzoat), kurangi juga MSG / vetsin, makanan yang mengandung soda kue/baking powder. Kemudian obat untuk tekanan darah tinggi ini harus terus diminum selama tekanan darahnya masih diatas 140/90 mmHg, dan ini sifatnya seumur hidup. Tidak ada salahnya juga apabila seseorang yang sudah kena darah tinggi ini membeli alat untuk mengukur tekanan darah sehingga tekanan darahnya dapat dipantau terus. 

Tips Menurunkan Tekanan Darah.

beberapa tips untuk menurunkan darah tinggi :

1.
Pantau Tekanan Darah :
Bila anda sudah terkena hipertensi, maka sebaiknya membeli alat untuk memonitor
tekanan darah, sehingga bila tekanan darah naik dan membahayakan bisa langsung
dibawa atau dilakukan perawatan medis sedini mungkin.

2.
Memulai program olah raga untuk menurunkan berat badan :
Setiap penurunan berat 1/2 kg,dapat menurunkan tensi 2 mmHg, jadi sangat baik
untuk penderita hipertensi berat, jenis olah raga yang paling aman adalah jalan
kaki,jogging, naik turun tangga, dansa aerobik, renang dan bersepeda.

3.
Minum Obat :
Minum obat secara teratur, sebab kalau berhenti minum obat, tekanan darah bisa
naik lebih tinggi daripada awalnya.

4.
Menghindari makanan yang asin :
garam termasuk salah satu makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah,karena itu kurangi makan yang asin. Sumber garam yang kurang disadari adalah makanan beku,sayuran kaleng, bahkan obat maag/antasida.

5.
Hindari konsumsi alkohol :
Alkohol mempunyai peranan dalam meningkatkan tekanan darah.

6.
Berhenti merokok :
Merokok adalah pantangan paling utama untuk penderita hipertensi, karena nikotin
yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah juga
meningkatkan resiko untuk terkena stroke.

7. Makanlah pisang :
Pisang adalah buah yang banyak mengandung kalium, kalium dapat menurunkan tekanan darah, selain pisang kalium juga terkandung dalam kismis, susu, yoghurt, dan jus jeruk.

8. Minyak tak jenuh ganda :
Beralih ke minyak tak jenuh dapat mengurangi tekanan darah sampai 10 mmHg.

9. Belajar santai :

Kadang pikiran dapat memicu terjadinya kenaikan tekanan darah,karena itu harus belajar berpikir santai, tetapi tetap serius dalam setiap masalah yang dihadapi.

Sering Pusing.....Ternyata Darah Tinggi...

 Pusing memang sering kali dianggap penyakit biasa/ remeh, bahkan kadang-kadang dibuat sebagai suatu "guyonan"/candaan, malah sempat menjadi brand image yang dipopulerkan oleh Peggy Melati Sukma dengan kata-kata "puuuussssiiiiing", tetapi kalo pusing diakibat oleh penyakit yang serius, jangan sekali-kali memandang remeh, terutama jika sudah diminumi berbagai obat sakit kepala tidak mereda, harus segera diperiksakan.


Memang banyak penyebab sakit kepala/pusing, salah satunya yang paling sering adalah Tekanan Darah Tinggi / Hypertension (Hipertensi). Tetapi ada juga penderita Hipertensi yang tidak merasakan gejala sakit kepala, ini yang harus lebih extra hati-hati.

Sebenarnya yang dimaksud Tekanan Darah Tinggi / Hypertension adalah peningkatan tekanan darah didalam Arteri. Secara umum keadaan ini tanpa gejala, sehingga akan menyebabkan meningkatnya resiko penyakit yang dapat berakibat fatal. Siapa saja yang beresiko terkena darah tinggi? biasanya hipertensi menyerang seseorang yang mempunyai riwayat hipertensi, kegemukan   
(Overweight s/d Obesitas ), wanita yang sedang hamil, atau pada usia lanjut. Bagaimana cara mengetahuinya? yaitu dengan memeriksa tekanan darah dengan tensi meter. Pada saat mengukur tekanan akan terdengar 2 bunyi yaitu bunyi pertama ( Sistolik ) dan bunyi ke dua ( Diastolik ).

Tekanan darah dikatakan normal apabila Sistolik lebih rendah dari 130 dan diastolik lebih rendah dari 85. sedangkan dikatakan tinggi bila sistolik lebih tinggi dari 140 dan diastolik lebih tinggi dari 90. Tekanan darah ini akan meningkat sesuai dengan bertambahnya usia, ini diakibatkan karena pada usia lanjut dinding arteri akan menebal dan kaku, akibatnya darah yang dipompa oleh jantung akan dipaksa untuk melewati arteri yang sempit sehingga akan menyebabkan darah tinggi.

Tekanan darah ini juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik, jadi saat beraktivitas akan meninggi begitu juga sebaliknya. Ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah, karena itu berbagai penyakit atau kelainan pada ginjal bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membantu menurunkannya (tips menurunkan tekanan darah akan saya bahas di beberapa postingan kedepan), sedangkan obat penurun tekanan darah / Anti Hypertension sendiri ada bermacam-macam mulai dari jenis Diuretic (contohnya Hydrochlorothiazide, Spironolactone, dll), jenis ACE Inhibitor (contohnya Captopril, dll), jenis Betabloker (contohnya Propranolol, Bisoprolol, Atenolol,dll), jenis Ca Chanels Bloker (contohnya Nifedipine, Amlodipine, Diltiazem,dll), sampai jenis Angiotensin II Receptor Antagonis (contohnya Candesartan, Valsartan,dll). Hati-hati juga dengan makanan yang terlalu asin (tips menurunkan tekanan darah akan dibahas pada beberapa postingan tersendiri di depan ).


 

 

Honda Civic 2002


"Si Mungil dengan Performa Racing"



Modifikasi memang tidak mengenal batasannya sendiri. Lihatlah dengan apa yang dilakukan Eric terhadap mobil Honda Civicnya keluaran tahun 2002. Mobil yang pada dasarnya sudah cukup sporty tersebut, didandani ulang dengan penambahan pasokan parts-parts ternama dari designer otomotif ternama dunia untuk bagian mesin, interior, maupun eksteriornya. Walhasil memang terbukti benar kalau tampilan dan keluaran tenaga mobil ini jadi meningkat pesat.

Kestabilan kendara dan faktor asupan tenaga mesin memang menjadi hal utama yang ingin dikejar dari perombakan mobil ini. Untuk kesempurnaan handling (pengendaraan), mobil ini menggunakan satu set coilover merk Ohlins, sway bar depan menggunakan parts Honda Integra Type-R, arms depan Mugen dan arms belakang merek Skunk2 dan untuk memperkokoh rangka (chasis) bagian dalam memakai produk Cusco. Mobil berpenggerak roda belakang ini pun diperlebar fendernya untuk bisa mengadopsi roda model offset.

Tidak mau kalah dengan kapasitas suspensi yang sudah sangat mumpuni, penggerak pacu mobil Civic 2002 ini dirombak total. Mesin original Civic 2002 yaitu mesin K20A3 diganti dengan mesin generasi terbaru Honda RSX Type-S "K20Z". Pergantian mesin ini mampu mendongkrak tenaga dari 160 hp menjadi 201 hp. Namun untuk lebih mendongkrak tenaga mesin digunakanlah supercharger merk CARB-exempt Jackson Racing berikut dengan pemasangan parts-parts lainnya seperti pemakaian valve train pieces merk Skunk2, valve springs dan retainers. Hal ini memang terbukti berhasil karena keluaran tenaga mesin K20Z ini bisa bertambah sekitar 50 hp.

Untuk tampilan eksterior mobil ini terlihat menyala dengan penggunaan kombinasi warna custom kuning dengan gradasi hijau kemerahan oleh M1 Autody. Untuk bumper depan menggunakan bumper depan Honda Civic Type-R, terdapat pula side skirts, lip belakang, lampu depan, ion foglights dan taillights. Selain itu terdapat pula aero lip depan merk Mugen, kap mesin dari bahan karbon fiber merk Seibon dan penggunaan sayap belakang merk Mugen.




Masuk ke dalam kabin, beberapa parts racing terlihat mewarnai bagian dalam mobil ini. Sebut saja dua jok racing merk Bride Maxis III, karpet dari Civic type-R, digital cluster merk AIM MXL, lingkar kemudi merk Momo. Fitur-fitur lainnya adalah pemakaian shift knob titanium merk ARC, pedal dari Projects dan juga terdapat Taylor battery relocation box. [mot/timABT]

Specification :

The Builder : Deokbae "Eric" Moon
Basic Car : Honda Civic 2002
Engine : 2.0L DOHC i-VTEC K20Z1 with Skunk2 camshafts, cam gears, valve springs and retainers; Jackson Racing supercharger; Mugen oil cap, intake and baffled oil pan; Spoon exhaust, magnetic oil drain plug/transmission drain plug; high flow catalytic converter; Six Sigma Racing header; NGK Iridium spark plugs; Koyo radiator and cap; powdercoated valve cover by Rainbow Powdercoating; ARC stainless spark plug cover; Samco radiator hoses; Innovative motor mounts; Hondata intake manifold gasket
Power : 250 hp
Wheel : 17x9 (-10) Work Meister S1 wheels, Toyo R1R 235/40R17 tires
Audio : Kenwood head unit, Alpine speakers

Haid Sakit Dan Lama.

Bagi setiap wanita yang sudah beranjak dewasa pasti akan mengalami Haid atau Menstruasi yang ditandai dengan keluarnya darah karena luruhnya selaput lendir rahim, ini adalah proses alami yang selalu berulang menurut siklusnya. Haid ini sering diikuti dengan gejala nyeri perut bagian bawah, pegal-pegal dipinggang, ngilu diseluruh tubuh, lesu, mual, kadang sampai muntah. Biasanya gejala ini muncul pada hari pertama atau kedua haid. Gejala ini sering kali mengganggu meskipun hal ini wajar saja terjadi pada setiap wanita.

Ada hal yang perlu dicermati bila ada tambahan gejala lain yang bisa menunjukkan adanya penyakit atau kelainan tertentu. Biasanya gejala tambahan yang lain yang perlu diwaspadai adalah bila haid itu lama dan disertai perdarahan yang cukup banyak. Kalau ada gejala ini biasanya akan disertai rasa nyeri yang tidak biasa (hebat).

Haid yang normal adalah antara 10-12 hari, bila haid ini lebih lama dari biasanya disebut Hypermenorrhea, sebaliknya haid yang sedikit ( hanya setetes-setetes ) dan waktunya kurang dari normal disebut Hypomenorrhea, kondisi ini seringkali berkaitan dengan kesuburan, karena ada kemungkinan bisa infertil ( tidak bisa punya anak), kemudian jumlah darah yang keluar perhari yang normal antara 15-50 cc. Bila darah yang keluar melebihi biasanya, akan terasa oleh si wanita, apalagi bila sampai mencapai 80 cc atau lebih.

Nyeri hebat pada saat haid atau disebut Dysmenorrhea adalah nyeri yang terasa di perut bagian bawah pada saat sebelum, selama dan sesudah haid. Sering kali seorang wanita mengalami gejala ini pada saat haid dan membuat harus istirahat beberapa jam atau bahkan sampai tidak bisa bekerja.

Apakah normal Dysmenorrhea ini ?

Sebetulnya dysmenorrhea ini masih wajar jika jarang terjadi atau hanya kadang-kadang, jadi yang penting diperhatikan disini adalah intensitasnya.
Untuk meringankannya biasanya dapat diatasi dengan meminum obat analgesik (penghilang rasa nyeri).
Yang perlu diperhatikan atau harus diwaspadai adalah jika dysmenorrhea tadi juga disertai darah keluar sangat banyak, dan berlangsung melebihi waktu normal serta berlangsung berulang-ulang. Bisa jadi ada kelainan pada organ kandungannya.

Kelainan organ kandungan ini bermacam-macam bisa disebabkan adanya infeksi kronis, endometriosis, myoma, polip serviks, erosi , sarkoma, atau bisa ada keganasan di cervix ( ca cervix ).
Untuk wanita yang memakai KB jenis suntik, biasanya akan mengalami haid yang tidak teratur juga, darah yang keluar bisa banyak dan waktunya bisa melebihi yang normal, bahkan bisa sebulan haid terus menerus, ini disebabkan karena hormon yang tidak stabil pengaruh KB suntik tadi. Jadi apabila mengalami gejala abnormal seperti diuraikan diatas sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan.

HONDA JAZZ 2004




.................................................. .SUPERELEGAN

Hasil aplikasi super white dan super-low disk




Untuk cat pemilik mobil yg biasa di panggil Kevin ini, menggunakan super white dari Spies Hecker dengan pernis masih dari produk senama. Alasan mereka menginginkan purih solid. Pengecatan dilakukan 4 lapis, sementara 6 lapis untuk pernis Sikkens MS3000 yg menghabiskan 5 liter cat. Prosesnya hanya 1 hari, didahului mematikan warna dasar (abu-abu gelap) menggunakan amplas 800, kemudian pelapis cat dasar serta epoksi yang kembali memakai Spies Hecker.


Sebenarnya kehadiran velg Auto Couture Magnifigue menjadi pemicu ubahan. Kalau hanya berdimensi 19x(8,5+9,5) inci, semua jazz pasti wide body. Lebih dari itu! Pasalnya velg ini punya offset special: -7 di depan dan -17 di belakang. Istilahnya, fender kena tonjok! Tapi buat semua ini butuh biaya ga sedikit , Rp 25 Juta dan Kevin harus bersabar 2,5 bulan menunggu velg PCD 112 ini datang dari Jepang!
Setelah mengalami pengukuran, velg depan celongnya mencapai 10 cm dan velg belakang 12,5 cm. Hasil ini juga dipengaruhi tipe super-low disk. Sehingga di depan, velg dengan finishing silver polish menuntut spacer setebal 8 mm karena saat dipasang mentok dengan rem cakram.




SUNROOF PLUS PANORAMIC
Tampilan atas Jazz ini cukup unik, karena menggunakan sunroof yang kurang lazim. Peranti ini disertai panoramic roof, sehingga dimensinya lebih panjang disbanding model biasa. Sunroof 130x80 cm ini di produksi Webasto dengan kode produk Hollandia Freedom. Tanpa kaca film pun kaca ini sudah gelap, mirip kaca sunroof umumnya.
Kalau tombol dipencet, kacanya akan terbuka di setengah bagian depan saja, sisanya statis. “Pengesetan bisa langsung ke aki dan bisa juga ke starter mobil”. Kalau langsung aki, meskipun mobil dalam keadaan mati tetap bisa dibuka, contohnya ya mobil ini. Kalau tertarik, siapkan dana sekitar Rp 12 juta.

SPESIFIKASI :
Velg Auto Couture Magnifigue 19x(8,5+9,5) inci, ban Falken ZIEX ZE512 225/35ZR19 & Pirelli Dragon 235/35ZR19, per depan Toyota Great Corolla, per belakang Toyota Corona, body kit custom, muffler custom, sunroof plus panoramic roof Hollandia Freedom, lampu depan HID Philips 6.500K, fog lamp Hyundai Atoz, cat super white Spies Hecker, pelapis jok Mastrotto $ suede, pelapis pilar suede Accantara, cat dasbor cokelat Spies Hecker, head unit Pioneer P8450

Rumah Modifikasi :
Velg & Kaki-kaki : Concept, Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara
Body kit, cat & interior : LM&T, Kemandoran, Jakarta Selatan

Komplikasi Diabetes.

Seperti yang sudah ditulis mengenai kencing manis atau Diabetes Mellitus, yaitu bagaimana cara memastikan sakit kencing manis, sekarang yang banyak menjadi pertanyaan atau semacam ketakutan adalah apakah sakit Diabetes ini dapat sembuh atau sakit terus seumur hidup?. Banyak pengobatan tradisional yang mengklaim dapat menyembuhkan sakit ini. Sebetulnya sekali seseorang didiagnosa DM (Diabetes Mellitus), maka sakit itu akan ada pada dirinya seumur hidup, berarti penyakit ini tidak bisa sembuh?, kalau dikatakan sembuh berarti penderita tersebut benar-benar bebas dari penyakit tersebut padahal bukan demikian, apabila kadar gula di dalam darahnya tidak dikontrol terus dengan diit dan berbagai obat maka akan semakin tinggi gulanya dan menimbulkan berbagai komplikasi, yang benar adalah bukan sembuh melainkan kadar gulanya dalam keadaan terkontrol.

Kemudian bagaimana atau apa yang terjadi bila tidak dikontrol kadar gulanya, penyakit ini akan semakin berkembang dengan pesat dan menyerang hampir semua organ tubuh dan mengakibatkan komplikasi.

Salah satu komplikasi yang mudah terjadi dan sering kali menyusahkan adalah komplikasi pada mata. Gangguan yang bisa terjadi adalah Retinopathy (rusaknya daerah penangkap gambar) dan Katarak (rusaknya lensa mata). Sekali mata ini terserang dia tidak akan bisa kembali pulih normal seperti asalnya. Trus bagaimana mengobatinya ?

Pengobatan pada komplikasi ini sifatnya hanya mencegah supaya kerusakan pada mata tidak memburuk dengan cepat atau dengan kata lain memperlambat timbulnya komplikasi.
Pada penderita yang mengalami komplikasi katarak masih ada harapan apabila mau dioperasi atau ganti lensa.

Komplikasi ringan lain yang sering timbul adalah rasa kesemutan atau baal (paraestesi) pada ujung-ujung jari kaki maupun jari tangan akibat gangguan/komplikasi pada saraf perifer. Atau bisa juga dengan timbulnya rasa gatal.

Komplikasi lain yang juga sering terjadi adalah sulitnya sembuh bila terjadi luka.

Sering Sakit Pinggang..Hati-Hati Batu Ginjal.

Bagi anda yang sering mengeluh sakit pinggang, harap berhati hati dengan sakit batu ginjal atau terdapat batu pada saluran kemih. Memangnya bagaimana gejalanya atau siapa saja yang mudah terkena batu ginjal. Adanya batu didalam ginjal sebetulnya ada 2 macam, yaitu yang satu menimbulkan gejala dan satunya lagi tidak menimbulkan gejala. Berarti ada batu yang tidak menimbulkan gejala? Ya betul, batu yang tidak menimbulkan gejala adalah batu yang mempunyai ukuran kecil, biasanya batu ini dapat keluar sendiri dan larut bersama air seni. Kemudian batu yang menimbulkan gejala adalah batu yang ukurannya besar. Bagaimana gejala2nya?

Yang pasti adalah rasa nyeri, rasa nyeri ini terasa didaerah pinggang dan bisa menjalar sampai ke daerah pangkal paha, yang membedakan nyeri ini dengan yang lain adalah biasanya nyerinya amat sangat nyeri dan penderitanya sampai berguling-guling karenanya bahkan sampai berkeringat dingin. Keluhan tambahan yang menyertai adalah rasa mual sampai muntah, bisa juga kadang-kadang keluar darah pada waktu kencing (ini akibat gesekan batu pada saluran kemih sehingga lapisannya luka) disertai rasa terbakar pada saluran kemih. Juga adanya rasa ingin kencing yang kuat pada penderitanya. Bagaimana cara mencegahnya ?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari sakit batu saluran kemih ini.

I. Minum Air Putih Yang Banyak.
Yang paling bagus adalah sekitar 8-10 gelas sehari. Bila kita minum air putih banyak maka air kencing/urine kita akan menjadi lebih encer dengan demikian akan mengurangi kemungkinan zat-zat pembentuk batu untuk menjadi satu dan membentuk batu. Bila air kencing kita warnanya agak kuning berarti itu tandanya kita kurang minum, tetapi bila urine kita bening tandanya sudah cukup minumnya.

II. Minum Air Putih Saat Bangun Pagi Hari.
Dengan minum air putih ini maka kita akan segera berkemih dan ini bertujuan untuk membuang urine yang yang telah semalam mengendap dan digantikan dengan yang baru.

III. Jangan Sering Menahan Kencing.
Urine yang tertahan dapat menyebabkannya menjadi lebih pekat dan memicu terjadinya infeksi saluran kencing. Dan semuanya itu menjadi faktor yang memudahkan untuk terbentuknya batu.

Untuk memastikan apakah sakit pinggang itu benar-benar disebabkan oleh karena batu maka perlu dilakukan foto/rontgen pada perut dan sekitarnya, tetapi harus diingat bahwa tidak semua sakit yang berada dipinggang disebabkan karena adanya batu di saluran kencing, untuk memastikannya silakan anda berkonsultasi dengan dokter anda.

YARIS SHOW OFF TOYOTA YARIS S 2007


RAMUAN BALAP JALANAN
Inspirasi Modifikasi : DETAIL UNIK




Tema racing style sudah saatnya bangkit kembali, termasuk di Surabaya. Agar tak dicap sekedar nimbrung tren, ubahan yang dilakukan mesti punya karakter. Disini, dituntut olah kreativitas. Seperti pada Yaris hitam milik Roy Adhyanto. Body kit penguat karakter racing style dibuat berbeda, “Terinspirasi dari beberapa detail mobil Toyota,” kata Roy yang juga bos bengkel Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Surabaya. Efeknya, tampilan berbeda dari Yaris racing style kebanyakan. Spoiler dan diffuser belakang yang desainnya mirip Varis Super Taikyu untuk Subaru WRX, ditambahkan sepasang mika lampu di bagian bawah. Bentuk mika lampu tipis memanjang ini, “Diambil dari mika reflektor dari Camry atau Altis baru yang aslinya nempel di bumper belakang,” terang Roy lagi. Bentuknya cukup menarik, terekspos setelah ditambah lampu bohlam yang disambung dengan saklar lampu kota. Di bagian samping bodi, fender belakang kiri dan kanan juga unik. Detail over fender melengkung dari bahan fiberglass, juga terinspirasi mobil lain. “Yang ini idenya dicomot dari over fender Toyota Celica TRD,” kata Edwin, salah satu pentolan VAJ yang mendesain body kit Yaris ini. Imbasnya fender terlihat lebih berotot. Fender bagian depan senasib. Temanya tambah otot. Caranya, fender asli diganti dengan fender replika dari bahan fiberglass. Bentuknya lebih besar, dengan aksen sirip lubang udara.Konsep sirip fender ini ditiru dari Lexus ISF, model Lexus convertible yang limited edition. Bentuk lekukannyapun dibuat beraksen kuat, lewat aplikasi panel karbon fiber yang ditempeli emblem VVT-i. Pada apron depan, sebagian bumper depan yang berbahan fiberglass, terinspirasi tuner Ings+1. Hanya, “Pada lekukan bumper di bawah headlamp sampai pelat nomor saja yang mirip, lainnya dibuat custom,” kata Edwin. Bentuk bumper bagian bawah dibuat lebih kotak dibandingkan Ings+1, maksudnya, “Untuk mengurangi bentuk oval mirip telur ciri khas Ings,” ujar Edwin yang juga menambah lip berbahan karbon fiber di bawah bumper


Sempat terjadi musibah dua hari sebelum Yaris ini masuk kontes Yaris Show Off di Surabaya. Blok mesin bagian bawah jebol, akibat aplikasi turbo Garrett GT-27 ball bearing dengan tekanan boost yang tinggi, “Waktu itu diset sampai 3 bar, dan ternyata kompresi standar Yarispun sudah tinggi,” ujar Roy. Walhasil, doi mesti mencari mesin penggantinya. Untungnya, Auto2000 Ahmad Yani Surabaya bisa mengatasinya. Dalam waktu kurang lebih 6 jam saja, satu set blok mesin bawah 1NZ-FE (beserta oil pan dan filter oli) seharga Rp 22 juta, sudah siap untuk dipasangkan dalam kompartemen mesin Yaris. Dengan pengalaman sebelumnya, kini tekanan boost turbonya hanya disetel di angka 0,4 bar.






Ada beberapa detail unik yang ditampilkan dalam Yaris biru ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi pemilik Yaris lainnya yang pengin bergaya racing style. 1.Panel karbon printing : Agar satu tema dengan detail karbon fiber pada kap mesin dan lip spoilernya, bagian kabin juga diberi nuansa yang sama. Panel dasbor, door trim diberi sentuhan karbon printing, detail karbon yang dilakukan dengan teknik printing. Untuk satu set kabin mobil Yaris ini biayanya sekitar Rp 1,5 juta 2.Roof Spoiler bertingkat : Untuk menyesuaikan dengan bentuk spoiler depan-belakang yang lebih besar, dibuatlah roof spoiler yang lebarnya sekitar 15 cm. Agar terkesan tebal seperti over fender belakang, bentuknya dibuat bertingkat. 3.Disc Brake : Agar deselerasi lebih aman, disc brake asli roda depan diganti dengan rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, agar tidak mentok dengan velg, ukuran velg mesti 17 inci keatas. Sedangkan di roda belakang, dipasang rem disc brake dengan piringan berdiameter 270 mm milik Honda Jazz. 4.Tombol engine start : Yaris tipe S ini aslinya tidak dilengkapi dengan tombol engine start seperti yang menempel di tipe S Limited. Tapi Roy kreatif, ia membeli satu set komponen engine start beserta kabel tersebut seharga Rp 900 ribu untuk dipasang di mobilnya. Toh, tak banyak kendala dalam pemasangan, tinggal sambung dengan kabel dari ECU yang sudah siap.


RUMAH MODIFIKASI: Bodi, aksesori: Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Ambengan, Surabaya Aksesori lampu: Indoban, Undaan, Surabaya
Stiker: Peanut, Mulyosari, Surabaya
Aksesori mesin: GR1, Pulogadung, Jakarta Timur Seting mesin: Olimart, Semarang, Surabaya Audio: A Class, Kedung Sari, Surabaya
Interior: utomaxx, Cisadane, Surabaya Jok: Esprit, Nginden, Surabaya Velg: Permaisuri: Mahakam, Jakarta Selatan Panel karbon printing: Facelift, Kalibokor, Surabaya SPESIFIKASI: Body kit custom, wing custom, fender depan custom, overfender belakang custom, kap mesin karbon fiber custom, lip karbon fiber custom, stiker cutting custom, strut bar Tanabe, velg Advan RG-II 17x7,5 inci, baut roda Z Speed, ban Toyo Proxes4 205/45R17, suspensi coil over Tanabe Sustec Pro, under brace depan Tanabe, under brace belakang Tanabe, rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, rem belakang disc brake custom 270 mm, busi SplitFire, kabel ground Pivot, turbo Garrett GT-27 ball bearing, intercooler Greddy, blow off valve Greddy, piggy back Greddy Ultimate, boost controller Apex’I AVCR, filter udara Greddy Airinx, air suction kit Greddy, aki kering Stinger, radiator hose Billion, free flow muffler custom, HKS Hi-Power catback exhaust systems, oil cooler Works Engineering, setir MOMO Drifting, pedal set MOMO, shift knob MOMO, seatbelt Sabelt, jok racing Recaro DC5, jok belakang lapis bahan Sparco, panel panel wood printing custom, indikator Pivot (water temperature, oil pressure, oil temperature, exhaut temperature), head unit TV Caska 7 inci, speaker depan Rockford Fosgate, subwoofer Rockford P2 10 inci

Awas Makanan Berformalin.

Lama sekali saya tidak menulis diblog kolom kesehatan ini karena banyaknya kesibukan offline, sekarang saya udah bisa sering online lagi dan menulis lagi, mohon maaf bagi yang sudah berkomentar dan belum saya jawab, nanti pasti saya balas semua ..senyum, harap bersabar ya.

Ada banyak pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai formalin, terutama makanan apa yang sering kali diawetkan dengan formalin, kemudian apakah bahayanya formalin itu.

Formalin sebetulnya adalah nama zat kimia yang terdiri dari campuran formaldehid, metanol dan air. Karena itu banyak digunakan sebagai pengawet mayat. Tetapi akhir akhir ini sering disalah gunakan sebagai pengawet makanan. Misalnya jika formalin ini kita campurkan ke suatu bahan contohnya daging ikan, maka formalin ini akan diserap oleh daging ikan dengan mudah, kemudian formalin akan mengeluarkan sel sel dari daging ikan tersebut dan menggantikannya dengan formaldehid yang lebih kaku.

Hasilnya daging ikan tadi akan awet atau bertahan dalam waktu yang lama, disamping itu daging ikan tadi tidak akan membusuk karena formalin tadi mampu membunuh mikroba atau kuman kuman kecil yang biasanya berperan dalam proses pembusukan. Coba kita bayangkan apabila daging yang sudah diawetkan dengan formalin tadi kita makan...sedih, tentu membahayakan sekali.

Sedangkan bila dipakai untuk mengawetkan mayat, jelas sangat membantu, karena mayat cepat sekali membusuk, dengan memakai formalin ini maka, mayat itu dapat bertahan cukup lama. memangnya kenapa mayat kok diawetkan? Pada beberapa kasus mayat memang diperlukan untuk diteliti seperti praktikum anatomi yang mengunakan mayat sebagai bahan praktikum.

Karena daya awetnya yang luar biasa itu maka disalah gunakan sebagai pengawet makanan, padahal pemerintah sudah mengeluarkan undang undang yang melarang penggunaan formalin pada makanan. Tetapi nyatanya masih banyak ditemukan dipasaran makanan yang berformalin beredar dengan bebas.

Makanan yang sering kali diawetkan menggunakan formalin biasanya :
Mie, ikan segar, ikan asin, tahu dll. Bedanya dengan makanan yang diberi formalin dengan yang tidak adalah makanan ini tampak lebih kenyal, lebih mengkilat, lebih liat dan tidak dikerubuti oleh lalat meskipun sudah beberapa hari. Bahkan akhir akhir ini, banyak beredar bahan makanan lain yang mengandung formalin seperti permen, susu dll. Tetapi tampaknya pemerintah cukup sigap dengan cepat cepat melakukan pemeriksaan melalui balai pom.

Apa efek formalin ini ?

Jika sering memakan makanan yang diawetkan dengan formalin, maka lama kelamaan akan dapat menyebabkan iritasi pada lambung sehingga bisa menimbulkan muntah darah, atau diare yang bercampur dengan darah, atau bisa juga kencing darah dan berpotensi menimbulkan kematian. Tetapi hal ini jarang terjadi karena diperlukan dosis formalin yang besar.

Yang paling sering adalah keracunan kronis akibat sering memakan makanan yang diawetkan dengan formalin biasanya yang rusak adalah organ ginjal atau dapat menimbulkan kanker dikemudian hari. Jadi hati hati membeli makanan dan mengkonsumsi makanan. Harus waspada terhadap makanan yang mengunakan formalin sebagai pengawet.

Daihatsu Taruna CSX 03

Daihatsu Taruna CSX 03, Anut "Isme" Hot Rod



Bosan bermain "manis", Taruna jebolan tahun 2003 ini didandani sang pemilik dengan tema yang lebih macho yaitu "Hot Rod". Dipersiapkan khusus untuk mengikuti seri kedua ajang Autoblackthrough 2008 di Jogjakarta (31/05-1/06), modifikasi yang pada bagian depan mengadopsi gaya klasik Daimler Chrysler ini juga tetap mengusung nilai In Car Entertainment (ICE) sebagai "isme" yang sepertinya memang harus dianut dalam setiap modifikasi roda empat. Tidak main-main, aplikasi monitor besar 42 inci pun dilakoni sebagai salah satu tanda keseriusan sang owner yang ternyata ketika ditanya, juga mengincar gelar King Nominee sebagai target ekspetasi terbesarnya.
"Awalnya mobil ini memang mengambil tema yang lebih girly, bosan dengan tampilan dan trend modifikasi yang itu-itu aja kita akhirnya nyoba ke arah yang lebih sangar yaitu Hot Rod," ungkap Amim (27), yang juga menjabat sebagai ketua club Continue asal Jogja ini. Dengan keliran ala hot rod yang mengguyur dari area kastem depan berwajah Chrysler hingga ke bagian belakang body yang telah melebar hingga 8 cm, sang Taruna Hot Rod yang pada kaki-kaki didukung velg venerdi zwinger chrome 20’ (8-9) dengan coak chasis belakang 10 cm dan cukuran shockbreaker 5 cm, memang terlihat lebih garang kini dibanding gambaran asli yang melekat dibenak.


Pada interior sendiri, MB Tech trend dengan laser printing bertuliskan autoblackthrough semakin mempertegas keseriusan sang pemilik dalam keikutsertaanya di ABT 2008. Aplikasi jok belakang custom MDF, doortrim belakang custom dengan peranti kendara kastem Momo (pedal & handbrake) dengan quick release Sparco sedikit menambah unsur interior yang sebenarnya sedikit lebih kental dengan nuansa entertainment tersebut.


Untuk sektor ICE, pemasangan Samsung flat TV 42", LG LCD monitor 17" (2 unit), LG LCD monitor 15", Oris motorize TV 7", Subwoofer Kickers ES 15" (2 unit), tweeter MA Audio 3", mid bass Tube Accoustic 6.5, midrange Blaupunk 2.5 dirasa lumayan mumpuni untuk memanjakan hobi sang owner. Tampil pertama kali dalam gelaran Autoblackthrough ternyata target yang ingin dicapai pun tidak main-main. "Ya kalau ditanya target sih, pengennya jadi King Nominee," ungkap pria yang masih berstatus mahasiswa ini berharap.

SUZUKI GRAND VITARA 2007


22 INCI MAMPU 170 KM/JAM






Gonta-ganti velg buat Sukatma sudah seperti makan empat sehat lima sempurna. Wajib, tapi sering berganti menu. Baginya dimensi gambot tak masalah, yang penting asyik dilihat. Saya paling suka dengan selebriti modifikasi kayak gini. Dan ketika Grand Vitara datang ke garasinya, obsesi ganti velg dengan ukuran gambot kembali menjangkiti. Velg Pinnacle 22x9,5 inci dipinangnya. Malah, “Kalau bisa pakai 24 inci, saya mau saja!” Pilihan pada diameter ini mentok karena sudah paling optimal. Secara spesifikasi velg ini bisa berputar aman tanpa ada perombakan dalam spakbor. Jadi tetap aman secara kendali. Artinya baik PCD, offset dan ukuran lainnya tak terkendala ketika dimasukkan ke ruang fender. Sedangkan warna krom itu memang ngejreng abis. “Dilihat dari jauh, sudah kelihatan”. Ban turut memengaruhi jarak lingkar roda ke fender. Profil tipis pada Toyo Proxes4 255/35ZR22 bikin jarak ke fender tak masalah. Sukatma jadi pede ngebut deh. Karena, “Ban tipis kalau pecah dibuat ngebut enggak bakal bikin mobil ngebuang. Saya bisa lari sampai 170 km/jam,” yakin Sukatma. Maksudnya, lantaran bannya tipis, jadi tak ada perbedaan signifikan dengan ukuran terluar lingkar luar ban aslinya. Berdasarkan pengalamannya, “Saya pernah bawa BMW pakai ban tebal pecah malah mobil ngebuang.” Akibat aplikasi velg gambot, penyesuaian suspensi otomatis dijabani. Sokbreker Kayaba dipadu per Mercy dipakai di Vitara ini. Khusus untuk per Mercy, Sukatma merasa sangat puas dengan bantingannya yang tak terlalu keras. “Sebelumnya sempat beberapa kali ganti per, namun masih keras,” bilang Sukatma yang menghabiskan dana buat per dan sokbreker Rp 5 juta.




Penghapusan tempat ban serep di pintu bagasi dan ditutup dengan fiberglass mengilhami Sukatma untuk membuat dudukan pelat nomor dari akrilik. Dengan dudukan pelat nomor ini, tampilan belakang jadi kelihatan mewah. Tak amburadul. Bagian atas dudukan berbahan akrilik yang alasnya diberi cat hitam ini, diimbuhi lapisan krom yang diberi LED. Untuk membuatnya perangkat ini semua, Rp 500 ribu mesti dikeluarkan

Honda Ferio

Honda Ferio






Type of Car Honda Ferio
Owner Wira Secret Community Bali
Bodywork Body kit custom racing style, custom engine hood, gultwing door, GT wing, cat pink + cutting sticker
Engine Mugen oil cap, XLS Ver.2 charging system, air filter, kabel busi Hurricane
Interior Jok Sparco + seat belt Mugen, setir Sparco, rollbar, gear knob Sparco, automoeter AutoGauge, PPM meter AutoGauge, pelat bordes, engine starter