RAMUAN BALAP JALANAN
Inspirasi Modifikasi : DETAIL UNIK

Tema racing style sudah saatnya bangkit kembali, termasuk di Surabaya.
Agar tak dicap sekedar nimbrung tren, ubahan yang dilakukan mesti punya
karakter. Disini, dituntut olah kreativitas. Seperti pada Yaris hitam
milik Roy Adhyanto. Body kit penguat karakter racing style dibuat
berbeda, “Terinspirasi dari beberapa detail mobil Toyota,” kata Roy yang
juga bos bengkel Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Surabaya. Efeknya,
tampilan berbeda dari Yaris racing style kebanyakan. Spoiler dan
diffuser belakang yang desainnya mirip Varis Super Taikyu untuk Subaru
WRX, ditambahkan sepasang mika lampu di bagian bawah. Bentuk mika lampu
tipis memanjang ini, “Diambil dari mika reflektor dari Camry atau Altis
baru yang aslinya nempel di bumper belakang,” terang Roy lagi. Bentuknya
cukup menarik, terekspos setelah ditambah lampu bohlam yang disambung
dengan saklar lampu kota. Di bagian samping bodi, fender belakang kiri
dan kanan juga unik. Detail over fender melengkung dari bahan
fiberglass, juga terinspirasi mobil lain. “Yang ini idenya dicomot dari
over fender Toyota Celica TRD,” kata Edwin, salah satu pentolan VAJ yang
mendesain body kit Yaris ini. Imbasnya fender terlihat lebih berotot.
Fender bagian depan senasib. Temanya tambah otot. Caranya, fender asli
diganti dengan fender replika dari bahan fiberglass. Bentuknya lebih
besar, dengan aksen sirip lubang udara.Konsep sirip fender ini ditiru
dari Lexus ISF, model Lexus convertible yang limited edition. Bentuk
lekukannyapun dibuat beraksen kuat, lewat aplikasi panel karbon fiber
yang ditempeli emblem VVT-i. Pada apron depan, sebagian bumper depan
yang berbahan fiberglass, terinspirasi tuner Ings+1. Hanya, “Pada
lekukan bumper di bawah headlamp sampai pelat nomor saja yang mirip,
lainnya dibuat custom,” kata Edwin. Bentuk bumper bagian bawah dibuat
lebih kotak dibandingkan Ings+1, maksudnya, “Untuk mengurangi bentuk
oval mirip telur ciri khas Ings,” ujar Edwin yang juga menambah lip
berbahan karbon fiber di bawah bumper

Sempat terjadi musibah dua hari sebelum Yaris ini masuk kontes Yaris
Show Off di Surabaya. Blok mesin bagian bawah jebol, akibat aplikasi
turbo Garrett GT-27 ball bearing dengan tekanan boost yang tinggi,
“Waktu itu diset sampai 3 bar, dan ternyata kompresi standar Yarispun
sudah tinggi,” ujar Roy. Walhasil, doi mesti mencari mesin penggantinya.
Untungnya, Auto2000 Ahmad Yani Surabaya bisa mengatasinya. Dalam waktu
kurang lebih 6 jam saja, satu set blok mesin bawah 1NZ-FE (beserta oil
pan dan filter oli) seharga Rp 22 juta, sudah siap untuk dipasangkan
dalam kompartemen mesin Yaris. Dengan pengalaman sebelumnya, kini
tekanan boost turbonya hanya disetel di angka 0,4 bar.
Ada beberapa detail unik yang ditampilkan dalam Yaris biru ini. Siapa
tahu bisa jadi inspirasi bagi pemilik Yaris lainnya yang pengin bergaya
racing style. 1.Panel karbon printing : Agar satu tema dengan detail
karbon fiber pada kap mesin dan lip spoilernya, bagian kabin juga diberi
nuansa yang sama. Panel dasbor, door trim diberi sentuhan karbon
printing, detail karbon yang dilakukan dengan teknik printing. Untuk
satu set kabin mobil Yaris ini biayanya sekitar Rp 1,5 juta 2.Roof
Spoiler bertingkat : Untuk menyesuaikan dengan bentuk spoiler
depan-belakang yang lebih besar, dibuatlah roof spoiler yang lebarnya
sekitar 15 cm. Agar terkesan tebal seperti over fender belakang,
bentuknya dibuat bertingkat. 3.Disc Brake : Agar deselerasi lebih aman,
disc brake asli roda depan diganti dengan rem depan Brembo 4 pot disc
brake 320 mm, agar tidak mentok dengan velg, ukuran velg mesti 17 inci
keatas. Sedangkan di roda belakang, dipasang rem disc brake dengan
piringan berdiameter 270 mm milik Honda Jazz. 4.Tombol engine start :
Yaris tipe S ini aslinya tidak dilengkapi dengan tombol engine start
seperti yang menempel di tipe S Limited. Tapi Roy kreatif, ia membeli
satu set komponen engine start beserta kabel tersebut seharga Rp 900
ribu untuk dipasang di mobilnya. Toh, tak banyak kendala dalam
pemasangan, tinggal sambung dengan kabel dari ECU yang sudah siap.
RUMAH MODIFIKASI: Bodi, aksesori: Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Ambengan, Surabaya Aksesori lampu: Indoban, Undaan, Surabaya
Stiker: Peanut, Mulyosari, Surabaya
Aksesori mesin: GR1, Pulogadung, Jakarta Timur Seting mesin: Olimart, Semarang, Surabaya Audio: A Class, Kedung Sari, Surabaya
Interior: utomaxx, Cisadane, Surabaya Jok: Esprit, Nginden,
Surabaya Velg: Permaisuri: Mahakam, Jakarta Selatan Panel karbon
printing: Facelift, Kalibokor, Surabaya SPESIFIKASI: Body kit custom,
wing custom, fender depan custom, overfender belakang custom, kap mesin
karbon fiber custom, lip karbon fiber custom, stiker cutting custom,
strut bar Tanabe, velg Advan RG-II 17x7,5 inci, baut roda Z Speed, ban
Toyo Proxes4 205/45R17, suspensi coil over Tanabe Sustec Pro, under
brace depan Tanabe, under brace belakang Tanabe, rem depan Brembo 4 pot
disc brake 320 mm, rem belakang disc brake custom 270 mm, busi
SplitFire, kabel ground Pivot, turbo Garrett GT-27 ball bearing,
intercooler Greddy, blow off valve Greddy, piggy back Greddy Ultimate,
boost controller Apex’I AVCR, filter udara Greddy Airinx, air suction
kit Greddy, aki kering Stinger, radiator hose Billion, free flow muffler
custom, HKS Hi-Power catback exhaust systems, oil cooler Works
Engineering, setir MOMO Drifting, pedal set MOMO, shift knob MOMO,
seatbelt Sabelt, jok racing Recaro DC5, jok belakang lapis bahan Sparco,
panel panel wood printing custom, indikator Pivot (water temperature,
oil pressure, oil temperature, exhaut temperature), head unit TV Caska 7
inci, speaker depan Rockford Fosgate, subwoofer Rockford P2 10 inci